Jenis Jaringan Berdasarkan Area & Kecepatan Jaringan Komputer

Hai sobat pengunjung Warok Droid, kali ini kami akan memberikan artikel tentang “Jenis Jaringan Berdasarkan Area & Kecepatan Jaringan Komputer”. Ada baiknya kalian membaca artikel ini sebelum melangkah lebih jauh tentang pembelajaran Microsoft, HTML, JAVA, dan lain sebagainya di blog ini. Oke, langsung saja bisa kalian simak artikelnya di bawah ini.

JENIS JARINGAN BERDASARKAN AREA


1. Local Area Network (LAN) 

Local Area Network (LAN) memiIiki daerah jangkauan 100m - 2km, tergantung jenis kabel penghubung yang digunakannya. Kecepatan transfer data antara 1-100 Mbps atau sekuat 125.000-12500000 karakter per detik. Sebuah LAN biasanya sering diterapkan pada sebuah kantor, gedung, dan laboratorium.

2. Metropolitan Area Network (MAN) 

Sebuah jaringan komputer dikatakan sebagai Metropolitan Area Network jika memiliki jarak atau radius media transmisi antara 10 hingga 50 km. MAN merupakan gabungan beberapa LAN yang saling terhubung satu sama lainnya meskipun berbeda topologi secara fisik maupun secara virtual. Sistem MAN sering dipergunakan untuk sambungan Jarak jauh antar kantor atau organisasi yang masih dalam satu sistem manajemen yang bertujuan untuk singkronisasi sistem informasi, pengontrolan dan sentralisasi sistem. Jaringan MAN ini dalam penerapannya sering memakai media Wireless, mengingat faktor biaya pembangunannya yang murah,_fleksibel dan andal untuk koneksi Jarak Jauh hingga 50 km dlbandlngkan menggunakan media wire/kabel.

3. Wide Area Network (WAN) 

Wide Area Network (WAN) adalah sistem koneksi jaringan dengan area wilayah yang luas, baik antar negara, benua bahkan di seluruh dunia. Sebuah jaringan bisa dikatakan sebagai WAN jika mempunyai jarak hubungan media lebih dari 100 km. Karena jarak yang jauh, media kabel tembaga tidak mampu menjangkaunya maka sistem WAN lebih sering menggunakan sambungan berbasis satelit maupun kabel fiberoptik yang ditanam di bawah laut. Orang awam lebih sering menyebut istilah WAN sebagai Internet. 



KECEPATAN JARINGAN KOMPUTER


Jaringan komputer lokal dibagi menjadi 4 jenis jika dilihat berdasarkan kecepatannya, yaitu: 

1. Low Speed PC Network 
Kecepatannya lebih kecil dari 1 Mbps, biasanya diterapkan di laboratorium.
2. Medium Speed Network 
Kecepatannya berkisar antara 1-20 Mbps, untuk lingkungan kantor skala kecil sampai menengah. 
3. High Speed Network 
Kecepatan jaringan high speed ini bisa mencapai lebih dari 20-100 Mbps. Saat ini, semua komponen pendukung jaringan yang tersedia di pasaran biasanya sudah mendukung Jaringan high speed. 
4. Super High Network 
Kecepatan jaringan model ini bisa mencapai 1 Gbps atau lebih. Tentu saja peranti kerasnya juga lebih mahal.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan tentang sejarah singkat mengenai “Jenis Jaringan Berdasarkan Area & Kecepatan Jaringan Komputer”. Jangan lupa untuk selalu menyimak blog ini, karena pada artikel selanjutnya akan ada penjelasan penjelasan berikutnya tentang Jaringan Komputer. 

Sumber : Modul Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal (Local Area Network)

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Jenis Jaringan Berdasarkan Area & Kecepatan Jaringan Komputer"